FAQ

A. Sistem Bisnis

1. Bagaimana cara mendaftar sebagai member?

a. Sponsor Anda yang mendaftarkan Anda melalui member area/ back office-nya.
b. Atau Anda bisa meminta link web replikanya dan kemudian melakukan pendaftaran sendiri melalui menu "register" dari web replika tersebut. Anda akan ditempatkan secara otomatis di dalam jaringan bisnis sponsor Anda oleh sistem DotNyot.

Apabila belum ada yang merekomendasikan, silahkan menghubungi CS DotNyot untuk dibantu proses pendaftarannya.

Pendaftaran member adalah FREE. Akan tetapi untuk memulai bisnis DotNyot dengan benar, Anda perlu belanja minimal 90 poin (sekitar Rp 198,000) setelah menjadi member. Masa berlaku keanggotaan selamanya dan tanpa biaya apa pun.

Catatan: untuk saat ini apabila ingin menjadi member maka harus memiliki rekening di Bank BCA atau Mandiri atau BRI atau BNI. Di masa depan kami akan menambah jumlah Bank yang bisa digunakan. Apabila Anda tidak memiliki rekening di salah satu Bank tersebut, Anda dapat menggunakan rekening keluarga dekat Anda (suami/istri/anak/orang tua) atau lebih disarankan Anda membuka rekening baru di salah satu Bank-bank tersebut di atas. 


2. Bagaimana cara membeli produknya?

a. Member mengisi e-walletnya lebih dulu sebelum melakukan pembelian produk. Pengisian e-wallet melalui sistem deposit yang ada di member area. Nilai deposit minimal harus sama dengan nilai pembelanjaan + ongkos kirim.
b. Atau Member melakukan proses pembelanjaan lebih dulu. Nanti akan ada informasi berapa yang harus ditransfer (termasuk ongkir). Setelah mengetahui jumlahnya, harap lakukan transfer sesuai jumlahnya. Setelah lakukan konfirmasi pembayaran Anda melalui membee area.

Anda perlu melakukan konfirmasi melalui menu "deposit" di member area dengan mengupload bukti tranfsfer. E-wallet baru dapat digunakan untuk belanja setelah ada approval dari admin DotNyot.

Mohon perhatikan jam kerja admin (Senin - Jumat: 08.30 - 17.30 WIB & Sabtu: 08.30 - 12.00 WIB). Approval deposit e-wallet akan dilakukan dihari yang sama, kecuali di luar jam kerja atau hari Minggu/ libur. Anda akan menerima pemberitahuan approval melalui email dan sms.

Order yang masuk pada hari Senin s/d Jumat sebelum jam 12.00 WIB dan Sabtu sebelum jam 10.00 WIB akan dikirim di hari yang sama. Lewat jam tersebut akan dikirim hari kerja berikutnya.

3. Berapakah nomer rekening dotnyot?
Kami memiliki 4 rekening di Bank berbeda untuk kemudahan Anda. Semua rekening atas nama PT DOT NYOT SEMESTA
a. Bank BCA - 2950051283
b. Bank Mandiri - 1630001809089
c. Bank BRI - 116401000542308
d. Bank BNI - 3445567777

Nomer-nomer rekening ini bisa Anda lihat pada menu e-wallet bagian deposit.


4. Apakah ada tutorial dan alat bantu yang bisa dipakai mempromosikan & menjelaskan bisnis DotNyot ini?

Ada. Di dalam Member Area ada menu "Learning Centre" yang di dalamnya terdapat Tutorial yang mengajarkan Anda cara menggunakan Member Area.

Selain itu pada menu "Learning Centre" juga banyak alat bantu yang bisa Anda gunakan (Video, Text, Picture). Video-videonya bisa Anda download dan kirim ke teman-teman. Semua strategi online dan offline akan kita maksimalkan demi kemudahan Anda. Pokoknya gampang bingitz menjalankan bisnis dotnyot. Apa pun yang bisa membuat bisnis dan pribadi Anda berkembang akan kami sediakan. 

Bahkan kami memiliki program TTM (Talking Tips Morning) yang berupa program audio harian berisi pengetahuan product, cara menjalankan bisnis dengan benar, kebijaksanaan-kebijaksanaan hidup dan kisah-kisah yang menginspirasi. TTM bisa diakses melalui member area.

Kami juga mempunyai channel youtube dengan nama dotnyot TV yang berisi video-video mengenai bisnis dan produk dotnyot. 


5. Bagaimana sistem pembayaran Bonusnya?

Bonus akan dihitung harian oleh sistem dotnyot. Khusus untuk Bonus Retail dan Sponsor akan real time. Untuk mengambil bonus, Anda perlu melakukan proses:
a. Lakukan "claim bonus" melalui member area Anda.
b. Admin dotnyot akan approve claim bonus Anda
c. Setelah approve, secara otomatis bonus Anda akan masuk ke e-wallet. Ingat bonus Anda akan dipotong pajak sesuai ketentuan pemerintah.
d. Menggunakan menu WD (withdrawal), Anda bisa menarik bonus Anda untuk ditransfer ke rekening yang didaftarkan ketika pertama pendaftaran.

Setiap member memiliki kebebasan untuk melakukan WD sesuai keinginannya. Bisa satu bulan sekali, atau seminggu sekali bahkan sehari sekali. Transfer akan dilakukan 1-2 hari setelah WD, kecuali sabtu, minggu atau hari libur, langsung ke rekening member yang tercatat di dalam sistem ketika melakukan pendaftaran awal.

6. Jadi bonus saya dipotong pajak ya?
Betul. Dotnyot akan mengikuti peraturan pemerintah mengenai pajak. Oleh karena itu kami sangat menyarankan member memiliki NPWP untuk mendapatkan potongan pajak yang lebih kecil.

Perhitungan pajak sebagai berikut (untuk yang memiliki NPWP)
a. Bonus Rp 0 - 100 juta             ==> Bonus x 50% x 5%
b. Bonus Rp 100 juta - 500 juta  ==> Bonus x 50% x 15%
c. Bonus Rp 500 juta - 1 M         ==> Bonus x 50% x 25%
d. Bonus di atas Rp 1 M             ==> Bonus x 50% x 30%

Apabila member tidak memiliki NPWP maka akan dipotong 20% lebih tinggi dari perhitungan di atas.Oleh karena itu pada waktu mendaftar Anda diharuskan mengisi no KTP dan apabila memiliki mengisi juga no NPWP yang akan digunakan sebagai data untuk menyetor pajak. Kami taat pajak :)

Nilai Bonus yang tercantum di dalam tabel di atas adalah nilai akumulasi. Misal, Bonus Anda akumulasinya sudah mencapai 100 juta, maka penerimaan bonus berikutnya akan dipotong pajak yang lebih besar sesuai dengan tabel di atas.

7. Apakah Bonus yang masuk ke ewallet dapat digunakan untuk belanja?
Ya, Anda dapat menggunakannya untuk belanja bahkan dapat mentransfernya ke ewallet member lain. 

 

8. Kalau saya mau beli produknya aja, boleh?

Boleh. Anda  bisa menjadi konsumen tanpa menjadi member. Anda hanya perlu meminta link web replika (online store) dari orang yang mengenalkan produk freeO kepada Anda. Melalui web replika (online store) tersebut, Anda bisa langsung belanja seperti ketika Anda belanja pada web-web online shop lainnya. 

9. Apakah boleh mendaftar lebih dari satu account nama?
Tidak boleh. Dotnyot menerapkan policy hanya satu account nama untuk setiap member. Apabila ditemukan ada kesengajaan memiliki lebih dari satu account nama maka perusahaan berhak untuk menegur dan menjatuhkan sanksi.

10. Apabila saya ingin mengubah data diri bagaimana caranya?
Ada beberapa data yang perubahannya harus melalui admin, seperti user name, no HP, no Rekening Bank dan email. Jadi silahkan kontak admin apabila ingin mengubah data.

11. Apakah ada stokis tempat untuk mendaftar dan membeli produk?
Tidak ada. Dotnyot menggabungkan sistem direct selling dengan e-commerce sehingga pembelian dan pembayaran bisa dilakukan secara online. Ini akan sangat memudahkan member karena mereka bisa memesan dari mana saja dan  tidak perlu menghabiskan biaya & waktu untuk ke stokis. 

12. Apakah ada Video-video yang memudahkan saya memahami cara kerja member area / back office?
Ada. Bisa Anda download melalui menu "Learning Centre" atau Anda tonton langsung via channel dotnyot TV di youtube.


B. Product Knowledge

1. Apa benar produk fermentasi itu bagus?

Kami akan kutipkan dari apa yang ditulis oleh Kompas.com untuk memberikan pandangan yang lebih obyektif.

Makanan dan minuman yang difermentasi memiliki reputasi sebagai BAHAN PANGAN SEHAT. Tetapi apa yang menyebabkan bahan pangan ini layak kita konsumsi secara rutin ?
 
Bahan pangan yang difermentasi yang sudah kita kenal dan menjadi bagian dari asupan sehari-hari adalah : Tempe & Yogurt. Jenis pangan yang difermentasi lainnya adalah Kimchi, Kefir, Keju Cottage, Kombucha dan masih banyak lagi.
 
Pangan yang difermentasi adalah makanan "Hidup" , Karena mengandung banyak bakteri di dalam nya yang disebut dengan probiotik. Walau tak bisa dilihat dengan kasat mata, tetapi bakteri di dalam tubuh kita ketika beratnya ditotal ternyata setara dengan bobot otak manusia.
 
Hampir semua hal yang kita lakukan, mulai dari cara kita dilahirkan (secara normal ataupun operasi Caesar), apakah mendapatkan ASI atau tidak, seberapa sering mencuci tangan, apa yang kita asup, hingga sedang mengkonsumsi antibiotik atau tidak, berpengaruh besar pada mikroba dalam tubuh.

KEBERADAAN BAKTERI INI MEMBANTU MENGUATKAN SISTEM IMUN, BERPENGARUH DALAM BERAT BADAN, PENCERNAAN, DAN MASIH BANYAK LAGI. BAHKAN MENURUT STUDI TERBARU, BAKTERI TERSEBUT MEMPENGARUHI MOOD DAN KECEMASAN.
 
Jika populasi bakteri baik dalam tubuh hanya sedikit, pengaruhnya akan banyak bagi kesehatan , Misalnya saja : terjadi gangguan pada pencernaan , iritasi dan sebagainya.
 
PARA AHLI MENYARANKAN AGAR KITA MENGKONSUMSI SETIDAKNYA SATU SAJIAN PROBIOTIK SETIAP HARINYA dan akan lebih baik jika mengkonsumsi beragam jenis probiotik , karena masing-masing bahan pangan itu memiliki jenis bakteri yang berbeda. Diperkirakan ada sekitar 7.000 strain bakteri. (Sumber:http://health.kompas.com/read/2015/07/17/111800923/Manfaat.Makanan.dan.Minuman.Hasil.Fermentasi)

Sebagai catatan tambahan, selain mengandung unsur-unsur bakteri baik, freeO juga tetap mengandung unsur-unsur hebat yang terkandung pada buah dan herbal yang difermentasi. Kami memberikan istilah "UmakUmik" atau Unsur Makro (anti oksidan, enzym, zat-zat aktif, vitamin dll) dan Unsur Mikro (mengandung mikro organisme baik/ probiotik).


2. Apakah manfaat dari freeO - Fermented Herbal ini?

Manfaatnya sesuai dengan buah yang difermentasi. FreeO memiliki beberapa varian seperti Manggis, Sirsak, Sari Kurma Double Plus dan Noni. Masing-masing buah ini bermanfaat untuk kesehatan dan menjadi lebih baik lagi karena difermentasi. Semua kebaikan buah-buah ini menjadi dapat dimanfaatkan secara maksimal. Secara detil manfaat dari masing-masing buah yang difermentasi bisa dilihat pada bagian product.


3. Ada semacam endapan di dalam freeO - Fermented Herbal, apakah ini normal?

Di dalam proses fermentasi, endapan tersebut dikenal dengan nama "mother" atau "biang." Hal ini sangat normal dan terjadi pada produk lain yang difermentasi, misalnya cuka apel. Waktu awal proses terlihat jernih, lama kelamaan akan terbentuk "mother" nya. Sama juga dengan wine, yang  semakin disimpan semakin baik. Dengan adanya "mother" tersebut, produk fermentasi menjadi semakin kuat dan berkhasiat. 

4. Terlihat ada beberapa botol yang agak menggembung, apakah ini normal?
Proses fermentasi pada dasarnya menggunakan bakteri baik untuk menghasilkan produk berkualitas. Bakteri ini akan menjadi "non-aktif" (tidur) setelah beberapa waktu. Dalam beberapa kejadian, bisa saja bakteri yang ada mungkin masih aktif dan menghasilkan gas dalam proses fermentasinya sehingga membuat botol agak menggembung. Hal ini normal. Produk tetap baik dan layak diminum.

5. Bagaimana cara minumnya?
Campurkan 2 sendok teh gula/ madu (atau sebanyak yang diinginkan) ke dalam 200 ml air, aduk rata, lalu tambahkan 25 - 50 ml freeO (satu tutup botol) ke dalam nya. Harap menggunakan air biasa, bukan air panas atau dingin. Aduk sampai rata dan minum.

6. Apakah freeO boleh diminum orang yang sakit?
Pertama perlu dipahami bahwa freeO bukan obat. FreeO lebih ditujukan untuk menjaga dan menaikkan tingkat kesehatan kita sekaligus membantu mencegah datangnya penyakit. Apabila Anda sakit dan ingin minum freeO, harap lakukan dengan bijaksana. Mulai dari dosis kecil dulu (misal 1/4 dosis anjuran) untuk membantu tubuh menyesuaikan dengan Fermented Herbal. Sangat dianjurkan untuk mendiskusikan lebih dulu dengan dokter Anda. Mohon diingat, freeO tidak dimaksudkan untuk menggantikan obat dokter.

Dalam beberapa kejadian, mungkin saja akan timbul rasa tidak nyaman atau sakit di bagian tubuh yang mengalami sakit. Ini merupakan proses dimana freeO sedang berusaha mengembalikan kondisi kesehatan Anda. Harap disikapi dengan bijaksana dan keputusan tetap di tangan Anda apakah akan melanjutkan menggunakan freeO untuk membantu proses penyembuhan penyakit Anda. 

7. Apakah freeO mengandung alkohol?
Dalam proses fermentasinya, freeO tidak menggunakan alkohol.

8. Bagaimana dgn perijinan produk freeO?
Produsen freeO sudah mendapat ijin Dinas Kesehatan (DINKES).

9. Apakah freeO sudah memiliki sertifikat Halal? 
Kami belum memiliki sertifikat Halal MUI tetapi di dalam proses produksinya, freeO menggunakan bahan-bahan yang halal dan menerapkan sistem halal. 

10. Berapa lama expired date/ kadaluarsa freeO?
Pada dasarnya beberapa produk cair yang difermentasi tidak memliki kadaluarsa termasuk freeO. Sebagai contoh, wine atau anggur yang merupakan hasil fermentasi. Akan tetapi sesuai dengan peraturan pelabelan dari pemerintah, maka freeO memiliki kadaluarsa 2 tahun. 

 

C. WEB Sistem

1. Apakah saya akan menerima pemberitahuan username dan password saya setelah mendaftar?
Ya, Anda akan menerima pemberitahuan via email. Saran kami, sebaiknya Anda memberitahukan user name yang Anda inginkan kepada sponsor sebelum didaftarkan. Untuk password bisa dibuatkan lebih dulu oleh sponsor Anda dan nantinya bisa Anda ganti sendiri.

Apabila Anda ingin mendaftar sendiri maka Anda minta link web replika sponsor Anda lalu klik menu "register" untuk pendaftaran. Setelah selesai mendaftar, segera beritahu sponsor Anda agar melakukan pengecekan pada jaringan atau geneologinya untuk memastikan bahwa Anda berada di dalam jaringannya.

2. Link web replika saya tidak berfungsi ketika pindah dari satu menu ke menu yang lain, bagaimana solusinya?
Ketika Anda atau teman Anda membuka web menggunakan link replika maka pastikan ketika membuka satu menu, misal "the plan" halaman tersebut "terloading" atau terbuka seluruhnya sebelum Anda pindah ke menu lain (misal Product).  

3. Mengapa cart belanja saya kembali ke 0 (nol) ketika saya log out?
Demi keamanan sistem maka setiap member log out maka cart belanjanya akan kembali ke 0 (nol). Silahkan melakukan proses belanja kembal, sebelumnya pastikan bahwa e-wallet Anda sudah terisi minimal sesuai dengan harga produk yang Anda beli berikut ongkir nya.

4. Mengapa saya tidak meneriman email satu pun dari DotNyot?
Ada dua kemungkinan. Pertama, email yang Anda daftarkan salah. Silahkan cek alamat email Anda di menu profile dari member area. Apabila email ternyata benar kemungkinan kedua adalah email DotNyot "nyasar" ke folder SPAM / Junk Mail. Silahkan cek kembali dan tandai email DotNyot sebagai bukan spam. Buka email Anda setiap hari karena DotNyot mengirmkan tips-tips berbisnis melalui email. 

5. Ketika saya akses web DotNyot dan melakukan aktivitas via member area terjadi error, misal waktu belanja mau "check out" tidak bisa atau cart belanja kembali ke 0, apa yang harus saya lakukan?
Hal ini biasanya terjadi karena koneksi internet. Cara mengatasinya simple. Log out dulu lalu log in kembali. Biasanya persoalan akan hilang.